BUTA WARNA?KOK BISA?

Sebuah Review untuk Memenuhi Penugasan Mata Pelajaran Biologi pada Semester Genap

Name : Natasya Fitri
Class  : XI IPA 2
School : SMAS Unggulan Ar-Rahman Sukabumi (http://sma.ar-rahman.sch.id/)

Assalamualaikum.wr.wb

Apa kabar teman-teman?👋 semoga selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, Aamiin. Jadi kali ini saya akan membahas tentang buta warna. Apa sih buta warna itu❔ Mari kita simak pembahasannya.
💧 Definisi
Buta warna adalah suatu kondisi di mana kemampuan membedakan warna-warna tertentu menurun. Dengan kata lain, Anda kesulitan melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran dari warna-warna tersebut. 

Dalam retina, ada dua sel yang mendeteksi cahaya, yaitu sel batang dan sel kerucut. Sel batang hanya mendeteksi cahaya terang dan gelap serta sangat sensitif terhadap cahaya rendah. 

Sel kerucut mendeteksi warna dan terkonsentrasi di dekat pusat penglihatanAnda. Ada tiga jenis sel kerucut yang melihat warna, yaitu merah, hijau, dan biru. Otak menggunakan input dari sel kerucut ini untuk menentukan persepsi warna. 

Buta warna bisa terjadi ketika satu atau lebih sel kerucut warna tidak ada, tidak bekerja, atau mendeteksi warna lain. Kondisi parah terjadi ketika semua jenis sel kerucut tidak ada, sedangkan kondisi sedang berarti ada satu sel kerucut yang tidak bekerja dengan baik. 

💧 Penyebab buta warna
Banyak orang berpikir bahwa buta warna adalah bawaan lahir. Namun, beberapa obat-obatan atau penyakit, bahkan usia yang tua dapat menyebabkan buta warna. Anda dapat memiliki buta warna dari:

Kelainan turunan

Anda dapat dilahirkan dengan kondisi ini, biasanya kondisi ini lebih sering terjadi pada laki-laki daripada pada wanita. Merah-hijau biasanya adalah kekurangan warna yang sering terjadi, dan kekurangan biru-kuning lebih jarang terjadi. 
Tingkat keparahan buta warna berkisar dari ringan, sedang, atau parah. Kedua mata dapat memiliki gangguan ini dan tingkat keparahan tidak akan berubah sepanjang hidup Anda.

Penyakit

Jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes, glaukoma, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, alkoholisme kronis, leukemia, dan anemia sel sabit, Anda dapat mengalami buta warna.
Kondisi tersebut dapat memengaruhi satu mata, tapi kadang juga dapat memengaruhi kedua mata. Setelah menangani penyebab, kondisi buta warna dapat membaik

Obat-obatan tertentu

Beberapa pengobatan dapat memiliki pengaruh terhadap penglihatan warna, seperti obat-obatan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, disfungsi ereksi, infeksi, gangguan saraf, dan masalah psikologis.

Faktor lain

Kemampuan melihat warna berkurang perlahan seiring berjalannya usia. Paparan zat kimia di tempat kerja, seperti karbon disulfida dan pupuk, dapat menyebabkan hilangnya penglihatan warna.

💧Gejala
Anda mungkin mengalami kondisi ini, tapi tidak menyadarinya. Beberapa orang mengetahuinya ketika mereka atau anak mereka mengalami kebingungan, seperti kesulitan membedakan warna di lampu merah atau mengartikan kode warna dalam materi pembelajaran. 
Berikut merupakan tanda dan gejala kondisi tersebut:
  • Dapat melihat beberapa warna namun tidak semuanya. 
  • Anda tidak dapat membedakan beberapa warna merah dan hijau, tapi dapat membedakan warna biru dan kuning dengan mudah.
  • Hanya melihat warna hitam, putih dan abu-abu, tapi kasus ini jarang terjadi.
  • Memiliki masalah penglihatan namun tidak menyadarinya.
  • Hanya dapat melihat beberapa gradasi warna pada satu objek, padahal orang-orang dapat melihat ribuan warna.
💧Penyembuhan
Umumnya, kebanyakan jenis gangguan penglihatan warna tidak dapat disembuhkan. Apabila kondisi Anda disebabkan oleh penggunaan obat tertentu atau kondisi tertentu, terapi lainnya dapat membantu mengatasinya.
Anak-anak dengan kondisi ini mungkin membutuhkan bantuan dalam melakukan aktivitas di kelas. Orang dewasa dengan kondisi ini mungkin kesulitan melakukan beberapa pekerjaan, seperti pilot atau desain grafis. Dalam kebanyakan kasus, kondisi ini tidak menyebabkan masalah berarti. 
Jika kondisi Anda terjadi karena masalah kesehatan lainnya, dokter akan mengatasi penyebab tersebut. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan yang menyebabkan buta warna, dokter mungkin akan menyesuaikan dosisnya atau menyarankan Anda beralih ke obat-obatan lain.
Berikut merupakan pilihan perawatan yang bisa Anda lakukan:
Orang dengan kondisi tidak bisa melihat warna merah-hijau mungkin bisa mengenakan kacamata (atau lensa kontak) khusus yang dapat membantu mereka melihat lebih jelas.
Hal-hal tersebut hanya mendukung penglihatan Anda, namun tidak memperbaikinya. Menggunakan kacamata yang menghalangi silau dapat membantu Anda melihat perbedaan pada warna dengan lebih baik.
  • Eyeborg
Orang dengan buta warna parah yang disebut dengan achromatopsia tidak bisa melihat warna apapun. Lensa berwarna merah bisa meningkatkan kepekaan terhadap cahaya pada orang pengidap kondisi ini. 
Perangkat bernama eyeborg bisa membantu orang dengan achromatopsia untuk menangkap cahaya dengan gelombang suara. 
  • Mempelajari tanda
Selain itu, Anda dapat mempelajari beberapa tanda, seperti kecerahan atau lokasi, sebagai pengganti warna. Sebagai contoh, Anda dapat mempelajari urutan warna pada lampu merah.

Apa saja gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi buta warna?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi kondisi tersebut:
  • Hafalkan urutan benda berwarna. Jika Anda tidak dapat membedakan warna lampu merah dengan baik, Anda dapat menghafalkan urutan warnanya.
  • Melabeli barang berwarna yang ingin Anda cocokkan dengan benda lain. Minta seseorang dengan penglihatan yang baik untuk membantu Anda menyortir dan melabeli pakaian Anda. Kemudian Anda dapat menyusun pakaian Anda setelah mengkombinasikannya.

Ayo simak video ilustrasi buta warna https://www.youtube.com/watch?v=UKviYfB3h58
Ayo simak juga nih video seseorang yang survive dalam penyakit buta warna https://www.youtube.com/watch?v=QLJEsXji5Nw

Mungkin cukup sekian penjelasan tentang penyakit buta warna. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Komentar, kritik, dan saran yang membangun sangat saya harapkan.
Terimakasih.🙏
Wassalamualaikum.wr.wb
Daftar Pustaka
1. "Buta warna".hellosehat.com

Sumber Video

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hasil Praktikum Isolasi DNA Buah Pisang

Pertumbuhan dan Perkembangan